Jumat, 28 Agustus 2009

Cara Jitu dalam Mempersiapkan Diri Sebelum Berpresentasi

“Pernahkah anda merasa gugup dan takut ketika ingin berpresentasi?”.. di sini saya akan mencoba sedikit membantu agar anda tidak merasakan hal – hal semacam itu ketika menjelang berpresentai. Berikut ini adalah metode sederhana yang cukup jitu untuk mempersiapkan diri ketika ingin berpresentasi, yaitu;

1. Kuasai materi secara maksimal.

Yaitu pelajari materi yang akan anda presentasikan secara menyeluruh dan maksimal. Bila perlu, carilah informasai tambahan dari berbagai media agar pengetahuan anda menjadi lebih luas untuk membahas materi yang akan anda presentasikan.

2. Senam wajah

Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengucapkan “A – I – U – E – O” beserta ekspresinya guna mengendurkan otot-otot wajah agar tidak tegang dan gagap dalam berbicara.

3. Siapkan main bubble

Main bubble merupakan segala bayang-bayang materi yang akan anda kemukakan yang berada dalam pikiran anda guna membantu kelancaran ketika anda sedang berbicara.

4. Rileks

Sebuah kondisi dimana diri anda harus berperasaan tenang dalam menghadapi permasalahan yang ada.

5. Percaya diri

Percaya diri merupakan perasaan dimana anda meyakini kemampuan diri anda sendiri bahwa anda bisa menjadi yang terbaik.

Demikian lah sebuah tips dari saya, yakinlah bahwa tips ini memang ampuh karena dengan keyakinan anda maka anda akan mencoba dan sukses dalam berpresentasi. Terima kasih.

3 komentar:

  1. wah........ bleh d'coba nie tips'a???
    kya'a ok jg...

    BalasHapus
  2. mmmmmm......tipsnya OK punya..

    nanti deh aku coba...


    makaci.

    BalasHapus
  3. nanti gw aplikasikan di kehidupan sehari2 pas prsentasi .... hhheee

    BalasHapus