Kamis, 23 Juli 2009

6 BULAN DALAM 36 BULAN

Sifat acuh ku akan arti pertemanan dan persahabatan, dahulu sangat melekat di diriku. Aku merasa kesendirian lebih mengasyikan dibandingkan harus bermain dan bergaul dengan sesuatu yang tidak begitu penting. Keegoisan yang melekat di diriku sangat membuatku merasa hidup itu merupakan persaingan yang sangat ketat. Masa SMA yang ku jalani selama 3 tahun lamanya, terasa sangat singkat bagiku. 6 bulan lamanya disaat – saat aku ingin menempuh Ujian Nasional, aku baru menemukan dan menyadari sesuatu yang tidak pernah ku sadari sebelumnya. Selama ini, mungkin aku berhasil dalam bidang akademik di sekolah. Akan tetapi, aku sangat bodoh dan payah dalam hal sosial terutama pertemanan dan persahabatan.

Aku dahulu, merasa apalah guna pertemanan itu. Disaat aku duduk di bangku kelas XII SMA, 6 bulan menjelang Ujian Nasional, aku merasakan dan menemukan sebuah arti pertemanan dan persahabatan. Aku mulai menyadari betapa indahnya sebuah persahabatan, aku memang seseorang pemegang juara umum dalam bidang akademik selama SMA. Namun, baru disaat-saat terakhir masa SMA ku, aku baru menyandari betapa bodohnya aku yang selalu tekendali oleh rasa egois dan sifat acuh ku. 6 bulan terakhir sebelum menempuh Ujian Nasional, aku merasakan kebahagian yang lebih dibandingkan saat aku berdiri disetiap aku mendapatkan gelar sebagai Juara Umum Akademik secara berturut-turut selama aku SMA. Persahabatan yang terjalin dalam kurun waktu kurang-lebih 6 bulan, kini sangat ku rindukan. Padahal baru beberapa bulan aku duduk sebagai mahasiswa, namun bayangan akan 6 bulan sebelum menjelang Ujian Nasional selalu tergambarkan dalam fikiranku.

Kini ku sadar akan pentingnya sebuah pertemanan dan persahabatan dalam hidup ini. Sahabat adalah susah, sahabat adalah senang, sahabat adalah tangis, sahabat adalah tawa, dan sahabat adalah anugrah. Setiap manusia tidak akan dapat bertahan dalam kesendirian, maka sahabat adalah sosok pemberi warna dalam hidup setiap insan. Yang ku alami, persahabatan merupakan sesuatu yang sangat berharga dan sangat bermakna.

6 bulan dalam 36 bulan yang sangat ku rindukan. Kini, teman dan sahabat ku telah berada jauh. Wahai sahabat – sahabat ku, semoga kenangan kita di waktu SMA tak akan telupakan seiring berjalannya waktu, semoga kelak kita dapat bertemu dengan segenap kesuksesan yang kita raih dalam hidup ini. Kalian sahabat-sahabat ku, pengukir kenangan indah di 6 bulan terakhir masa SMA ku. Persahabatan kita bukan sekedar 6 bulan itu, namun akan terukir abadi dalam kenagan hidup ku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar